• default style
  • blue style
  • green style
  • red style
  • orange style
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Print

Written by Super User. Posted in Berita

Menurut Simmons, bahwa anggaran negara memiliki tiga fungsi yakni; 1) fungsi hukum tata negara atau yang disebut (staatsrechtelijke functie), dipergunakan sebagai alat otorisasi   dan alat memilih (keuzefunctie) sejumlah alternatif (kepentingan dan anggaran); 2) fungsi teknis pengurusan/mikro-ekonomis yang disebut dengan de beheerstechnische functie ; digunakan sebagai dasar kepengurusan secara tertib dan serasi (doelmatig) serta dasar pertanggungjawaban bagi pelaksana dan; 3) fungsi makro-ekonomi yang disebut de macro economishe functie, alat kebijaksanaan (bleid) dalam penentuan suatu tingkat belanja nasional (nationale bestidigingen).

Print

Written by Super User. Posted in Berita

Print

Written by Super User. Posted in Berita

Pascasarjana Universitas Balikpapanmenyelenggarakan acara bedah buku : Audit Investigatif, Badan Periksaan Keuangan Anggaran dan pendapatan Belanja Daerah, merupakan disertasi Direktur Pascasarjana Uniba, Dr. Piatur Pangaribuan, A. Md, SH.,MH untuk meraih gelar doctor di Untag Surabaya. Dr. H. Suhartono, Rektor Uniba dalam sambutannya mengatakan bahwa disertasi itu mendapatkan predikat cumlaude untuk Dr. Piatur. Bedah Buku dilaksanakan di kampus Uniba.

 

Direktur pascasarjanaDr. Piatur Pangaribuan, A. Md, SH.,MH (Pengantar summary) : Filosofi lahirnya buku ini dari persoalan LPG (liquefied Petroleum Gas). Dulu pernah kita dengar Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) memberikan rekomendasi agar harga elpiji dinaikkan. Selanjutnya Menteri BUMN langsung menaikkan.

                Akhirnyanaiklah harga LPG. Jadilah cheos!. Pada waktu itu ibi-ibu, tukang bakso semua mengeluh dan protes. Lalu muncul pertannyaan, sejauh apa sih hebatnya BPK kok bisa merekomendasikan harga elpiji naik tanpa memikirkan dampaknya yang panjang ? Mengapa begitu takut kepada BPK, apa persoalannya?

                Bagaimana harus bertindak, ketika menemukan kasus siapa yang bersalah dan siapa harus ditahan ?. Menentukan siapa yang bersalah dan siapa pula yang benar. Dalam kontek buku ini dalam kasus korupsi, maka BPK punya kewenangan pula untuk menghitung atau menentukan kerugian negara. Ini tidak mudah, butuh pemahaman khusus.