• default style
  • blue style
  • green style
  • red style
  • orange style
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Print

Soroti Kinerja Saber Pungli, Pengamat Hukum Ini Minta Incar dan Tangkap Kelas Kakap Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Soroti Kinerja Saber Pungli, Pengamat Hukum Ini Minta Incar dan Tangkap Kelas Kakap

Written by Super User. Posted in Informasi

 Soroti Kinerja Saber Pungli, Pengamat Hukum Ini Minta Incar dan Tangkap Kelas Kakap

BALIKPAPAN - Menelaah fenomena pemberantasan pungli di Kaltim, mendapat sorotan dari pengamat hukum sekaligus Rektor Universitas Balikpapan, DR Piatur Pangaribuan. Dia menganggap Tim Saber Pungli sejauh ini masih hanya berhasil menangkap pelaku-pelaku kelas teri.

Kegiatan pemberantasan pungli yang kasusnya besar hanya di TPK Palaran, Samarinda. Sisa selebihnya kasus-kasus yang kecil. Ke depan harus ditingkatkan lagi untuk mengincar dan menangkap yang kelas kakap.

 

Jangan sampai nanti masyarakat menilai saber pungli hanya melihat kasus teri, yang besar-besar tidak terciduk. Menurut Piatur, penegakkan hukum pemberantasan pungli sifatnya seperti jaring laba-laba, yang tertangkap hanya kecil-kecil, sedangkan kakap terlepas bebas.

Kinerja Tim Saber Pungli yang selama ini belangsung patut diapresasi namun perlu ditingkatkan lagi. Sebanyak 29 OTT ada niat baik dari Tim Saber Pungli untuk menunjukkan taringnya.

Pokok penting lainnya sehabis menindak pastinya ada kepastian hukum yang jelas dan tegas. Jangan sampai kasus bergulir namun saat di pengadilan dinyatakan tidak bersalah.

Orang yang dinyatakan sebagai pelaku akhirnya bebas melenggang. Ini akan berpengaruh kepada kewibawaan satgas pungli, dianggap nanti sebagai abal-abal. Perlu ada kejelian dan kematangan dalam penegakkan.

Faktor yang mendorong orang untuk menyap, atau terjadinya pungutan liar di suatu tempat tidak terlepas dari keterpaksaan atau mental yang buruk. Saat pelaku pemberi izin atau pelayan publik berwatak rakus, maka peluang untuk melakukan pungutan liar akan berpotensi terjadi.

Perlu ada kesadaran dari semua pihak, mengubah mental, harus ada revolusi mental. Yang bertugas di perizinan dan pelayanan publik sebaiknya profesional tidak berbelit-belit untuk menghindari orang untuk memberikan suap, yang jatuhnya nanti menjadi pungutan liar.

 

Terobosan lainnya yang mesti dilakukan Tim Saber Pungli, fungsi pencegahan wajib dimaksimalkan kembali. Salah satunya memberi ruang khusus atau nomor telepon posko pengaduan.

Baca: Ini Kendala di Lapangan yang Dihadapi Tim Saber Pungli

Hal ini bisa melibatkan para mahasiswa atau pegiat anti korupsi. Tapi intinya memang semua pihak wajib dilibatkan, masyarakat itu sendiri juga harus berperan. Tanpa ada peran dari masyarakat luas, akan mustahil ciptakan pelayanan publik yang bersih dari kegiatan pungli. (*)

 

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Soroti Kinerja Saber Pungli, Pengamat Hukum Ini Minta Incar dan Tangkap Kelas Kakap, http://kaltim.tribunnews.com/2018/05/25/soroti-kinerja-saber-pungli-pengamat-hukum-ini-minta-incar-dan-tangkap-kelas-kakap.

Penulis: Budi Susilo

Editor: Sumarsono